SMA Negeri 11 Makassar

Sekolah Prestasi dan Religi

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

GAMBARAN PERKEMBANGAN SMA NEGERI 11 MAKASSAR

E-mail Print PDF
GAMBARAN PERKEMBANGAN SMA NEGERI 11 MAKASSAR

A. SEKILAS LINTAS SEJARAH SMA NEGERI 11 MAKASSAR

SMA Negeri 11 Makassar adalah salah satu sekolah menengah hasil dari peralihan SMA PPSP IKIP Ujung Pandang. Hal ini sesuai SK Mendikbud No. 0709/C/1986 Tanggal 22 Desember 1987 yang pelaksanaan operasionalnya berlaku sejak mulai tanggal 01 Juli 1987. Peralihan tersebut mencakup pelimpahan wewenang dan pengelolaan sekolah secara menyeluruh.
Realisasi dan pelaksanaan SK tersebut, sesuai data dan potensi yang dimiliki sekolah maka SMA Negeri 11 Makassar adalah SMA Negeri dengan status tipe “A” sesuai dengan perkembangannya. Berbagai macam hambatan dan tantangan yang dialami, banyak kenangan manis maupun pahit yang telah dirasakan oleh warga SMA Negeri 11 Makassar. Kepala Sekolah yang telah memimpin yakni :
1. Kepala Sekolah Pertama : Dra. Hj. Isa Muhammad
Tahun 1987 – 1999


2. Kepala Sekolah Kedua : Drs. H. Arifin Taibe
Tahun 1999 – 2003

3. Kepala Sekolah Ketiga : Drs. H. Muh. Bahri
Tahun 2003 – 2006

4. Kepala Sekolah Keempat : Drs. Aminuddin Mustafa
Tahun 2006 sampai sekarang
Kegiatan operasional pada umumnya :

Sejak tahun 1987 SMA Negeri 11 Makassar telah berhasil menamatkan siswa sebanyak 10 kali dengan prosentase kelulusan 97 % dari jumlah peserta tiap tahunnya. Sehari setelah perayaan HUT RI yang ke 60 tepatnya tgl 18 Agustus 2005 dilaksanakan acara penggantian dan pelantikan Kepala Sekolah sekaligus penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari jabatan lama Dra. Isa Muhammad kepada pejabat baru Drs. H. Arifin Taibe yang disaksikan langsung oleh Kakandep Diknas, guru-guru dan staf tata usaha SMA Negeri 11 Makassar. Selanjutnya pada tanggal 01 Agustus 2003 serah terima dari Kepala Sekolah kedua Drs. H. Arifin Taibe kepada Kepala Sekolah Baru Drs. H. Muh. Bahri yang disaksikan oleh Kepala Dinas P&K kota Makassar, Ka Subdin Pendidikan Menengah dan Stafnya, Guru-guru dan staf tata usaha SMA Negeri 11 Makassar, kemudian pada tanggal 14 Juni 2006 serah terima dari Kepala Sekolah ke tiga Drs. H. Muh. Bahri kepada Kepala Sekolah baru Drs. Aminuddin Mustafa yang disaksikan oleh Kepala Dinas Kota Makassar, guru dan staf tata usaha SMA neg 11 Makassar.

B. KEADAAN SEKARANG
Bahwa Gedung SMA Negeri 11 Makassar yang berdiri di atas tanah seluas ± …..ha mulai berfungsi sejak peralihan dari SMA PPSP IKIP Ujung Pandang ke SMA Negeri 11 Makassar pada tahun pelajaran 1987/1988 yang terdiri dari 27 ruang belajar, 1 ruang perpustakaan, 2 ruang lab IPA, 1 ruang kantor, 3 kamar mandi / WC.
Sejalan dengan perkembangan kota Makassar, maka SMA Negeri 11 Makassar mengalami kekurangan sarana dan prasarana. Namun demikian telah diupayakan untuk melengkapi kebutuhan sarana penunjang kegiatan proses belajar mengajar. Pihak sekolah bersama-sama dengan pengurus Komite Sekolah dan pihak Pemerintah dari tahun ke tahun berusaha memenuhinya dan telah dilakukan secara bertahap :
1. Pada tahun pelajaran 1998/1999 telah direnovasi ruangan sehingga bertambah 2 (dua) ruang belajar.
2. Pada tahun pelajaran 1999/2000 telah dibangun 4 (empat) kamar WC siswa oleh pihak sekolah kerja sama dengan Pengurus Komite Sekolah.
3. Pada tahun pelajaran 1999/2000 pemasangan paving blok halaman sekolah yang dibiayai dari BP3 serta penggantian lantai ruang guru, ruang kelas I.1, I.8, ruang Kepala Sekolah dan Wakasek menjadi keramik bantuan dari Kanwil PU Bidang Citra Karya Propinsi tingkat Sul-Sel.
Dalam hal Edukatif, sejak tahun pelajaran pertama 1986/1987 sampai sekarang, masih selalu kekurangan, khususnya mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Kesenian, Agama, Sejarah, Penjaskes, Komputer, Geografi. Untuk menanggulangi kekurangan tenaga edukatif tersebut, masih menggunakan tenaga tidak tetap (honor) sedangkan tenaga Administrasi juga masih kurang sesuai formasi yang ada.
4. Pada tahun pelajaran 2000/2001 telah direnovasi lapangan tennis.
5. Pada tahun pelajaran 2002/2003 telah dibangun 2 ruang kelas bantuan Proyek Pusat sebagai ruang belajar sampai saat ini bebannya 27 kelas.
6. Pada tahun pelajaran 2002/2003 ini pula diusahakan ruang Lab Bahasa
7. Bantuan Operasional Manajemen Mutu Tahun 2004/2005
8. Pada Tahun Pelajaran 2004/2005 renovasi ruang kelas (perbaikan dinding dan pemasangan keramik)
9. Pada Tahun Pelajaran 2005/2006 dibangun lab IPA Biologi bantuan proyek pusat
10. Pada Tahun Pelajaran 2007/2008 direnovasi Lab IPA Fisika, Lab IPA Kimia dan dibangun Lab IPA Terpadu, Ruangan Multimedia, Ruangan Pusat Data Elektronik dan Ruangan Komite
11. Keadaan Personalia
a. Tenaga Edukatif
Jumlah tenaga Edukatif 72 orang terdiri dari
- Guru tetap : 62 Orang
- Guru tidak Tetap : 10 Orang
b. Kepala Tata usaha : 1 Orang
c. Karyawan Staf administrasi : 6 Orang
Tenaga Honor : 3 Orang

Caraka : 3 Orang

Satpam : 1 Orang
Penjaga Malam : 1 Orang
Khusus untuk tenaga honor digaji oleh Pengurus Komite Sekolah Negeri 11 Makassar.

C. KEADAAN YANG AKAN DATANG
Bervariasinya kebutuhan siswa akan belajar beragam kebutuhan guru dan staf dalam pengembangan profesionalnya, berbedanya lingkungan sekolah satu dengan lainnya dan ditambah dengan harapan orang tua / masyarakat akan pendidikan yang bermutu bagi anak didik dan tuntutan dunia usaha untuk memperoleh tenaga bermutu, berdampak kepada keharusan bagi setiap individu, terutama pimpinan untuk mampu merespon dan mengapresiasikan kondisi tersebut di dalam proses pengambilan keputusan.

Ini memberi keyakinan bahwa di dalam proses pengambilan keputusan untuk peningkatan mutu pendidikan mungkin dapat dipergunakan berbagai teori, perspektif dan kerangka acuan (frame work) dengan melibatkan berbagai kelompok masyarakat terutama yang memiliki kepedulian kepada pendidikan.

Strategi dan konsep yang akan ditawarkan oleh SMA Negeri 11 Makassar pada tahun pelajaran 2008/2009, mengenai Manajemen Peningkatan Mutu berbasis sekolah merupakan alternatif baru dalam pengelolaan pendidikan yang lebih menekankan kepada kemandirian dan kreativitas sekolah.

Berbagai upaya serta kerangka acuan yang harus dipersiapkan untuk menerapkan konsep tersebut :
1. Penyusunan basis data dan profil sekolah yang lebih presentatif, akurat, valid dan secara sistimatis menyangkut berbagai aspek akademis, administrasi (siswa, guru dan staf dan keuangan).
2. Melakukan evaluasi dari dalam (self assessment) untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan sumber daya sekolah, personil sekolah, kinerja dalam pengembangan dan pencapaian target kurikulum dan hasil-hasil yang dicapai sesuai yang terkait, berkait dengan aspek-aspek intelektual dan keterampilan maupun aspek lainnya.
3. Berdasarkan analisis tersebut sekolah harus mengidentifikasikan kebutuhan sekolah dan merumuskan visi, misi, dan tujuan dalam rangka pendidikan yang berkualitas bagi siswa, termasuk bagaimana siswa belajar, penyediaan sumber daya dan pengelolaan kurikulum termasuk indikator pencapaian peningkatan mutu tersebut.
4. Berangkat dari visi dan misi tujuan peningkatan mutu tersebut, sekolah bersama-sama masyarakat Pengurus Komite Sekolah merencanakan dan menyusun program kerja jangka pendek menengah dan jangka panjang termasuk anggarannya. Melakukan monitoring dan evaluasi program yang telah dilaksanakan sesuai dengan pendanaannya untuk melihat ketercapaian visi misi dan tujuan yang telagh ditetapkan sesuai dengan kebijakan nasional dan target mutu yang dicapai serta melaporkan hasilnya kepada masyarakat. Hasil evaluasi (proses dan output) ini selanjutnya dapat dipergunakan sebagai masukan untuk perencanaan / penyusunan program sekolah dimasa mendatang (tahun 2008 – 2009) Demikian terus menerus sebagai suatu proses yang dilanjutkan.
5. Dengan terpenuhinya kerja keras, disiplin yang tinggi dan sarana prasarana yang memadai, maka pada tahun pelajaran 2008/2009 diharapkan :
a. Memperbanyak jumlah tamatan dan lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui SPMB
b. Memperbanyak jumlah lulusan yang masuk di Perguruan Tinggi melalui PMDK khususnya di Pulau Jawa.
c. Meningkatkan perolehan nilai UAN
d. Meningkatkan prestasi di bidang olah raga dan seni
e. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler.
Last Updated on Tuesday, 10 March 2009 23:10  

Pointmu

0 points
0 points
 

Login

Yang Online

None

Statistik Forum

  • Total Users: 4946
  • Latest Member: otasycop
  • Total Posts: 349k
  • Total Topics: 65.7k
  • Total Sections: 89
  • Total Categories: 6
  • Today Open: 0
  • Yesterday Open: 30
  • Today Answer: 0
  • Yesterday Answer: 0