Dokumentasi Kegiatan SMAN 11 Makassar

Kegiatan Literasi Al-Quran

Pada hari Jumat, 27 Januari 2023, Mesjid Baitul Ilmi di SMAN 11 Makassar menyelenggarakan kegiatan literasi Al-Quran. Kegiatan ini diikuti oleh siswa dan siswi SMAN 11 Makassar yang masih belum lancar dalam membaca Al-Quran.

Acara ini dibantu oleh guru-guru Agama Islam yang bertugas untuk mengajarkan dan membimbing siswa dan siswi dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Kegiatan literasi Al-Quran juga dilakukan secara rutin setiap pagi sebelum proses belajar di sekolah dilakukan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberantas buta aksara Al-Quran yang masih ada di kalangan siswa dan siswi SMAN 11 Makassar. Dengan membaca Al-Quran dengan baik dan benar, diharapkan siswa dan siswi dapat lebih mengenal, memahami, dan menghayati ajaran-ajaran Al-Quran.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang baik dari siswa dan siswi SMAN 11 Makassar. Mereka menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas membaca Al-Quran serta menambah keyakinan diri dalam membaca Al-Quran di depan umum. Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin dan menjangkau lebih banyak siswa dan siswi di SMAN 11 Makassar.

UPACARA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

Pelaksanaan Upacara Bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda, Jumat, 28 Oktober 1983 di Lapangan SMAN 11 Makassar.

Upacara ini diikuti oleh seluruh elemen SMAN 11 Makassar, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, PPL, Guru dan Pegawai, serta Siswa-Siswi SMAN 11 Makassar.

Upacara berlangsung dengan khidmat, diwarnai dengan warna warni baju adat dan baju profesi yang dikenakan oleh perwakilan siswa-siswi yang meliputi perwakilan kelas dan ekstrakurikuler.

Pada akhir upacara ditutup dengan doa yang dibawakan oleh salah satu siswa SMAN 11 Makassar, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

GERAKAN NASIONAL AKSI BERGIZI

Gerakan Nasional Aksi Bergizi sebagai salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh SMAN 11 Makassar pada hari Rabu, 26 Oktober 2022, bertempat di Lapangan SMAN 11 Makassar.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi hidup sehat bagi siswa-siswi agar mereka mampu meningkatkan kualitas hidup sehari-hari yang akan berdampak positif dalam kegiatan belajar mengajar.

Dalam rangkaian kegiatan ini terdiri dari Senam Bersama guru dan siswa, Sarapan Menu Sehat, Gerakan Memungut Sampah Bersama, dan Pemberian Vitamin bagi siswa=siswi untuk melengkapi Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini.

Terima kasih kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Pegawai serta anak-anak kita Siswa-Siswi SMAN 11 Makassar yang sudah berpartisipasi pada kegiatan ini.

PROGRAM SEKOLAH HIJAU MELALUI BUDIDAYA TANAMAN PRODUKTIF SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Pada hari Rabu, 12 Oktober 2022, telah dilaksanakan salah satu program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu “Program Sekolah Hijau Melalui Budidaya Tanaman Produktif” di SMA Negeri 11 Makassar.

Penanaman secara simbolis dilakukan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Dra. SURYANI A. NUR RASULY, M.Pd dan Pengawas Bina UPT SMAN 11 Makassar Dra. Andi Bansuhari Lologau, MM. didampingi oleh Kepala UPT SMAN 11 Makassar, Nuraliyah, S.Pd., M.Pd.

Program ini akan berlanjut dengan perawatan tanaman kedepannya dan bertujuan memberikan efek penghijauan bagi lingkungan SMAN 11 Makassar, dan menumbuhkan kesadaran lingkungan bagi warga SMAN 11 Makassar.

Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah

Serah terima jabatan PLT Kepala Sekolah SMAN 11 Makassar, Dr. H. Zainuddin, M.Pd. Kepada Kepala Sekolah baru Nuraliyah, S.Pd., M.Pd.

Pada tanggal 30 September 2022 telah dilaksanakan proses serah terima jabatan Kepala Sekolah dari PLT Kepala Sekolah Dr. H. Zainuddin, M.Pd kepada Kepala Sekolah baru Ibu Nuraliyah, S.Pd., M.Pd.

Serah terima jabatan ini berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh segenap jajaran keluarga besar SMAN 11 Makassar serta teman-teman guru dari SMAN 23 Makassar selaku pihak yang melepas Ibu Nuraliyah, S.Pd., M.Pd. yang selama ini bertugas di Sekolah tersebut.

THE VALUE OF TEACHER BODY’S  IMMUNITY

One thing that makes me motivated to write it down because of its rapid transmission , massively and uncontrollably, able  to influence the nature and character of personal, environmental and human health on earth. Satu hal, yang membuatku terdorong untuk menuliskan Covid 19, adalah penularannya yang cepat,  secara masif dan tidak terkendali telah mampu memengaruhi sifat  dan karakter pribadi, lingkungan dan  kesehatan manusia di bumi.)

What’s  meant by the value of body’s immunity in this paper ? How the solution of the value of the body’s immunity to overcome the human psychological effects after the emergence of the Covid 19 ? And how much influence the value of the body’s immunity in overcoming the impact of human psychology after the emergence of Covid 19 ? ( Apa sebenarnya nilai imunitas tubuh itu ? Dan bagaimana solusi nilai imunitas tubuh dalam mengatasi efek kejiwaan manusia  ?  Seberapa besar pengaruh nilai imunitas tubuh dalam mengatasi dampak kejiwaan manusia ?

Nilai imunitas tubuh adalah derajat ketahanan fisik dan mental seseorang untuk melawan pengaruh yang disebabkan adanya kondisi sosial dan fisikal distancing, serta lock down.

MENENTUKAN MASALAH IMUNITAS TUBUH ”

Langkah Pertama. Mengenali Permasalahan

Gangguan fisik yang dialami oleh pasien Covid 19, berupa gatal di tenggorokan dan terasa kering disertai batuk kering, demam tinggi, sesak napas dan kehilangan bau dan rasa.  Gangguan psikis  yang bisa berdampak pada perubahan karakter diri, perubahan karakter lingkungan dan perubahan karakter kesehatan.

Continue reading

POSITIVE SOLUTIONS IN REDUCING THE IMPACT OF HIBERNATION ON THE BRAIN

Fenomena melambatnya respon tanggap otak (:Hibernation on the Brain) dalam pendidikan merupakan sebuah gejala psikis yang amat berdampak terhadap pengembangan profesi guru. Gejalanya berupa  adanya ketidakmampuan untuk menuliskan sesuatu secara berurutan atau sistematis, dan bersifat temporal atau tidak menetap. 

Apa yang dimaksud dengan Hibernation on the  Brain ? Bagaimana bentuk solusi positif dalam mengurangi efek Hibernation on the  Brain ? Seberapa besar  pengaruh l solusi positif dalam mengurangi efek Hibernation on the  Brain

Continue reading

CINTA LITERASI BERBUAH PRESTASI  TERBAIK  DALAM MENEGAKKAN HIDUP SEHAT DAN BERSIH  

Bismillahirrahmanirrahim.

Bulan September 2022 menjadi momentum cinta literasi  bagi siswa, guru dan sekolah. Momentum cinta literasi ini sangat penting untuk disosialisasikan, mengingat kondisi pembelajaran di sekolah saat ini masih terdampak oleh Pandemi varian Covid-19. Momentum cinta literasi ini ditujukan untuk  membangun  mental dan  spiritual warga agar bisa bangkit bersama menyelesaikan berbagai problematika social yang marak terjadi di lingkungan sekolah.

Beberapa hari yang lalu, telah disosialisasikan gerakan PHBS untuk tingkat SMA dan SMK. Webinar digital sangat mendukung program literasi guru yang mengusung ide dan gagasan tentang lingkungan sehat dan bersih. Program ini sangat tepat mengingat kondisi warga kota Makassar khususnya para siswa SMA dan SMK tengah terdampak penyakit saluran pernapasan,akibat Pandemi varian Covid-19. Terjadinya Pandemi varian Covid-19 saat ini, bisa disebut kejadian  luar biasa, andaikata warga tidak segera mengantisifasi dengan vaksinasi maka tentulah dampaknya bisa fatal.

Continue reading

Upacara Pengibaran Bendera Hari Kemerdekaan RI yang ke-77, SMAN 11 Makassar

Upacara Pengibaran Bendera, 17 Agustus 2022 memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77
Upacara berlangsung dengan khidmat dan lancar, seluruh elemen, baik guru maupun siswa mengikuti upacara dengan rasa patriotisme yang tinggi.
Pengibaran bendera berlangsung dengan sangat memukau, dibawakan oleh Paskibra SMA Negeri 11 Makassar.
Dalam upacara tersebut, Ibu Kepala SMA Negeri 11 Makassar, Dra. Hj. Masita, M.Si membacakan pidato seragam Gubernur Sulawesi Selatan.
Upacara berlangsung kurang lebih 45 menit dan ditutup dengan foto bersama oleh guru dan siswa.