SMA Negeri 11 Makassar

Sekolah Prestasi dan Religi

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Huruf jawa alias sansekerta
(1 viewing) (1) Guest
Harap menyertakan GAMBAR saat memposting di Fakta dan Pengetahuan agar lebih menarik
  • Page:
  • 1

TOPIC: Huruf jawa alias sansekerta

Huruf jawa alias sansekerta 4 years, 10 months ago #191051

  • Nur Irwansyah
  • OFFLINE
  • MODERATOR
  • I'm JUSTICE and always give PUNISHMENT
  • Posts: 2689
  • Points: 2738
  • Karma: 37
  • -----------------
  • -Medali-
    The HorrorThe Brave HeartThe EyeThe KnowledgeThe WiseThe ChatterThe Guardian
  • The Eye Medali Teraktif
  • -Kado-
    Gantungan Best FriendTraktir MinumMinumanLiontin Best Friend ForeverBeruang KutubGood DogKue Ulang Tahun
Huruf jawa alias aksara jawa adalah huruf yang digunakan pada zaman dahulu, meskipun menurut ahli sejarah bahwa antara huruf jawa yang dipelajari di sekolah sekarang tidak sama dengan huruf yang dipake pada zaman dahulu (ato mungkin maksud...nya yang dipake di zaman dulu tu huruf sansekerta kali ya???…hehehe….tanya ke ahlinya!!..loh.).

Tapi yang jelas, di pelajaran Bahasa Daerah tu tentu aja yang ada tu Bahasa Jawa, soalnya daerahnya Jawa si…hehe. Tapi di Jawa pun ada beberapa macem bahasa daerah juga si, antara lain Sunda. Btw, bahasa sunda tuh ada aksara sundanya gak ya???…hmm…

Yup, Huruf Jawa atau yang sering disebut Aksara Jawa tu dimulai dengan “hanacaraka” , atau lengkapnya kalo disebutin seluruhnya tu bunyinya jadi “hanacaraka datasawala padajayanya magabatanga”, yang tentu saja itu cuma huruf pokoknya aja, belum lagi tambahan yang berupa “wulu”, “pepet”, “taling”, adeg2” dan lain sebagainya yang bikin huruf2 itu jadi beda bacanya, yang tentu saja itu buat bikin kata2 yang ada akhirannya, ada bunyi macem2 pula…dst.

Tapi karena aku hanya dapet pelajaran Bahasa Daerah cuman waktu SD aja (SMP gak daept coz siswanya dari banyak daerah si, kalo ada pasti perlu guru buanyak…hehehe….), dan di SMA juga gak ada pula…hhmm…????

Karena keterbatasan pengetahuan yang didapat, akhirnya, jadilah aku sekarang gak bisa baca Aksara Jawa L …huhuhu… (padahal orang jawa tulen nih, malu banget deh kalo gak bisa baca). Kayak kejadian pas ada taplak meja bertuliskan aksara Jawa, udah nyoba sekuat tenaga buaat baca tu huruf sampe (sampe menggali ingatan yang paling dalam…heheh…), tetep aja kagak bisa baca, padahal tulisannya tuh bacanya “Mojokerto”, nah lho, itupun setelah tanya ama Bapak2 yang ada disitu..hehe.

Akankah ini terjadi terus, akankah aksara jawa juga tidak lagi bisa dibaca oleh generasi selanjutnya???? PR besar ya buat kita semua sebagai orang Jawa (waduh, padahal sekarang aku sendiri belom bisa baca ni, gimana ya???…hmmm).

:pinch: Warning: Spoiler!

:pinch: Warning: Spoiler!

:pinch: Warning: Spoiler!

:pinch: Warning: Spoiler!
Silahkan berbuat CURANG selagi tidak ada yang tahu






Mau bertanya atau melapor? silahkan di
twitter:
@irwanchaa
PIN: 275C59C3
Last Edit: 4 years, 10 months ago by Nur Irwansyah.

Re: Huruf jawa alias sansekerta 4 years, 10 months ago #191108

  • AN clover
  • OFFLINE
  • ADMINISTRATOR
  • Pheonix
  • Posts: 2700
  • Points: 4529
  • Karma: 162
  • -----------------
  • -Medali-
    The Brave HeartThe WiseThe WriterThe SpiritThe ChatterThe Eye
  • Medali Teraktif
  • -Kado-
    Mawar
addeehh.. tertarikka pelajari..
tapi masalahnya susah sekali..

I LOVE RAIN
RAINY SEASON


kalo mau bertanya tentang saya, silahkan ke www.formspring.me/ayubila

Re: Huruf jawa alias sansekerta 4 years, 10 months ago #191123

  • ridhawarahmah
  • OFFLINE
  • CO-ADMIN
  • A 'lil girl with a big dream
  • Posts: 750
  • Points: 6242
  • Karma: 66
  • -----------------
  • -Medali-
    The Eye
  • The Eye Medali Teraktif
  • -Kado-
    Traktir Minum
rumitnya bentuknya, susah diingat

Re: Huruf jawa alias sansekerta 4 years, 10 months ago #191416

  • Nur Irwansyah
  • OFFLINE
  • MODERATOR
  • I'm JUSTICE and always give PUNISHMENT
  • Posts: 2689
  • Points: 2738
  • Karma: 37
  • -----------------
  • -Medali-
    The EyeThe Brave HeartThe HorrorThe ChatterThe GuardianThe KnowledgeThe Wise
  • The Eye Medali Teraktif
  • -Kado-
    Gantungan Best FriendKue Ulang TahunMinumanLiontin Best Friend ForeverBeruang KutubGood DogTraktir Minum
ridhawarahmah wrote:
rumitnya bentuknya, susah diingat

namanya juga huruf tempo doloe hahaha jadi agak susah
Silahkan berbuat CURANG selagi tidak ada yang tahu






Mau bertanya atau melapor? silahkan di
twitter:
@irwanchaa
PIN: 275C59C3
  • Page:
  • 1
Moderators: MR.Black
Time to create page: 0.37 seconds

Pointmu

0 points
0 points
 

Login

Yang Online

None

Statistik Forum

  • Total Users: 4793
  • Latest Member: ejafuriqi
  • Total Posts: 290k
  • Total Topics: 63.7k
  • Total Sections: 89
  • Total Categories: 6
  • Today Open: 1
  • Yesterday Open: 4
  • Today Answer: 1
  • Yesterday Answer: 0

Aktifitas Point

  • Daily login
    Wednesday, 24 August 2016
    47 minutes ago
    mr_adhyy » 10 Points
  • Daily login
    Wednesday, 24 August 2016
    2 hours ago
    ferinasp » 10 Points
  • Inactive user
    69 days without activity
    8 hours ago
    QolbiOmy » -5 Points
  • Daily login
    Wednesday, 24 August 2016
    8 hours ago
    QolbiOmy » 10 Points
  • Mereply Topik
    8 hours ago
    Khumairah Zulqaidah » 1 Points