SMA Negeri 11 Makassar

Sekolah Prestasi dan Religi

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Huruf jawa alias sansekerta
(1 viewing) (1) Guest
Harap menyertakan GAMBAR saat memposting di Fakta dan Pengetahuan agar lebih menarik
  • Page:
  • 1

TOPIC: Huruf jawa alias sansekerta

Huruf jawa alias sansekerta 2 years, 10 months ago #191051

  • Irwanchaa
  • OFFLINE
  • MODERATOR
  • I'm JUSTICE and always give PUNISHMENT
  • Posts: 2683
  • Points: 2423
  • Karma: 37
  • -----------------
  • -Medali-
    The GuardianThe WiseThe HorrorThe KnowledgeThe EyeThe Brave HeartThe Chatter
  • The Eye Medali Teraktif
  • -Kado-
    Good DogTraktir MinumBeruang KutubGantungan Best FriendMinumanLiontin Best Friend ForeverKue Ulang Tahun
Huruf jawa alias aksara jawa adalah huruf yang digunakan pada zaman dahulu, meskipun menurut ahli sejarah bahwa antara huruf jawa yang dipelajari di sekolah sekarang tidak sama dengan huruf yang dipake pada zaman dahulu (ato mungkin maksud...nya yang dipake di zaman dulu tu huruf sansekerta kali ya???…hehehe….tanya ke ahlinya!!..loh.).

Tapi yang jelas, di pelajaran Bahasa Daerah tu tentu aja yang ada tu Bahasa Jawa, soalnya daerahnya Jawa si…hehe. Tapi di Jawa pun ada beberapa macem bahasa daerah juga si, antara lain Sunda. Btw, bahasa sunda tuh ada aksara sundanya gak ya???…hmm…

Yup, Huruf Jawa atau yang sering disebut Aksara Jawa tu dimulai dengan “hanacaraka” , atau lengkapnya kalo disebutin seluruhnya tu bunyinya jadi “hanacaraka datasawala padajayanya magabatanga”, yang tentu saja itu cuma huruf pokoknya aja, belum lagi tambahan yang berupa “wulu”, “pepet”, “taling”, adeg2” dan lain sebagainya yang bikin huruf2 itu jadi beda bacanya, yang tentu saja itu buat bikin kata2 yang ada akhirannya, ada bunyi macem2 pula…dst.

Tapi karena aku hanya dapet pelajaran Bahasa Daerah cuman waktu SD aja (SMP gak daept coz siswanya dari banyak daerah si, kalo ada pasti perlu guru buanyak…hehehe….), dan di SMA juga gak ada pula…hhmm…????

Karena keterbatasan pengetahuan yang didapat, akhirnya, jadilah aku sekarang gak bisa baca Aksara Jawa L …huhuhu… (padahal orang jawa tulen nih, malu banget deh kalo gak bisa baca). Kayak kejadian pas ada taplak meja bertuliskan aksara Jawa, udah nyoba sekuat tenaga buaat baca tu huruf sampe (sampe menggali ingatan yang paling dalam…heheh…), tetep aja kagak bisa baca, padahal tulisannya tuh bacanya “Mojokerto”, nah lho, itupun setelah tanya ama Bapak2 yang ada disitu..hehe.

Akankah ini terjadi terus, akankah aksara jawa juga tidak lagi bisa dibaca oleh generasi selanjutnya???? PR besar ya buat kita semua sebagai orang Jawa (waduh, padahal sekarang aku sendiri belom bisa baca ni, gimana ya???…hmmm).

:pinch: Warning: Spoiler!

:pinch: Warning: Spoiler!

:pinch: Warning: Spoiler!

:pinch: Warning: Spoiler!
Silahkan mencoba CURANG kalau sy tidak tau, siapapun kau apapun jabatanmu pasti kena HUKUMAN setimpal






Mau bertanya atau melapor? silahkan di
twitter:
@irwanchaa
PIN: 275C59C3
Last Edit: 2 years, 10 months ago by Irwanchaa.

Re: Huruf jawa alias sansekerta 2 years, 10 months ago #191108

  • AN clover
  • OFFLINE
  • ADMINISTRATOR
  • Pheonix
  • Posts: 2708
  • Points: 4528
  • Karma: 161
  • -----------------
  • -Medali-
    The EyeThe ChatterThe SpiritThe WriterThe WiseThe Brave Heart
  • Medali Teraktif
  • -Kado-
    Mawar
addeehh.. tertarikka pelajari..
tapi masalahnya susah sekali..

I LOVE RAIN
RAINY SEASON


kalo mau bertanya tentang saya, silahkan ke www.formspring.me/ayubila

Re: Huruf jawa alias sansekerta 2 years, 10 months ago #191123

  • ridhawarahmah
  • OFFLINE
  • CO-ADMIN
  • A 'lil girl with a big dream
  • Posts: 745
  • Points: 5062
  • Karma: 66
  • -----------------
  • -Medali-
    The Eye
  • The Eye Medali Teraktif
  • -Kado-
    Traktir Minum
rumitnya bentuknya, susah diingat

Re: Huruf jawa alias sansekerta 2 years, 10 months ago #191416

  • Irwanchaa
  • OFFLINE
  • MODERATOR
  • I'm JUSTICE and always give PUNISHMENT
  • Posts: 2683
  • Points: 2423
  • Karma: 37
  • -----------------
  • -Medali-
    The ChatterThe EyeThe Brave HeartThe HorrorThe WiseThe KnowledgeThe Guardian
  • The Eye Medali Teraktif
  • -Kado-
    MinumanTraktir MinumBeruang KutubKue Ulang TahunGantungan Best FriendLiontin Best Friend ForeverGood Dog
ridhawarahmah wrote:
rumitnya bentuknya, susah diingat

namanya juga huruf tempo doloe hahaha jadi agak susah
Silahkan mencoba CURANG kalau sy tidak tau, siapapun kau apapun jabatanmu pasti kena HUKUMAN setimpal






Mau bertanya atau melapor? silahkan di
twitter:
@irwanchaa
PIN: 275C59C3
  • Page:
  • 1
Moderators: MR.Black
Time to create page: 0.36 seconds

Pointmu

0 points
0 points
 

Login

Yang Online

None

Statistik Forum

  • Total Users: 4067
  • Latest Member: musda mulya hikmah
  • Total Posts: 230k
  • Total Topics: 47.2k
  • Total Sections: 89
  • Total Categories: 6
  • Today Open: 0
  • Yesterday Open: 0
  • Today Answer: 2
  • Yesterday Answer: 5

Aktifitas Point

  • Daily login
    Wednesday, 20 August 2014
    4 hours ago
    emi asriani » 10 Points
  • Daily login
    Wednesday, 20 August 2014
    4 hours ago
    heryanto » 10 Points
  • Daily login
    Wednesday, 20 August 2014
    4 hours ago
    rahmayanti rahman » 10 Points
  • Daily login
    Wednesday, 20 August 2014
    4 hours ago
    Indaryuni. R » 10 Points
  • Daily login
    Wednesday, 20 August 2014
    4 hours ago
    Nur ilmy Awaliyah » 10 Points