SMA Negeri 11 Makassar

Sekolah Prestasi dan Religi

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Welcome, Guest
Username Password: Remember me

PROFIL 11 PEMAIN ANGGOTA FILM LASKAR PELANGI
(1 viewing) (1) Guest
HANYA UNTUK MATERI KARYA ORISINIL
  • Page:
  • 1

TOPIC: PROFIL 11 PEMAIN ANGGOTA FILM LASKAR PELANGI

PROFIL 11 PEMAIN ANGGOTA FILM LASKAR PELANGI 7 years, 5 months ago #141057

  • amirah pipit fitriyah
  • OFFLINE
  • KANAK-KANAK
  • amirah fitriyah
  • Posts: 95
  • Points: 10
  • Karma: 25
  • -----------------
  • -Medali-
    -Kado-
PROFIL PEMERAN-PEMERAN 11 ANGGOTA LASKAR PELANGI

Laskar Pelangi merupakan sebuah film yang diadaptasi dari karya seorang penulis yang menjadi best seller, yaitu Andrea Hirata.




Buku tersebut sangat menarik perhatian dari masyarakat karena merupakan kisah nyata tentang kehidupan penulis di masa kecilnya bersama dengan 10 teman-temannya. Dan juga buku ini bercerita tentang perjuangan dari 11 anak-anak Belitong yang sangat ingin bersekolah meskipun penuh dengan perjuangan. Serta menceritakan tentang perjuangan seorang guru yang tetap sabar dan setia mendampingi dan mengajar murid yang sama selama bertahun tahun.






Karena kesuksesan dari buku tersebut, sehingga seorang produser dan sutradara ternama yaitu Mira Lesmana dari Miles Production serta seorang sutradara ternama Riri Riza ingin membuat karya tersebut dalam bentuk sebuah film.



Dan pada akhirnya film tersebut sangat laris di pasaran dan menarik penonton kurang lebih 2 juta penonton dalam seminggu. Film Laskar Pelangi sendiri dirilis pada tahun 2008. Bahkan tahun 2010 ini, juga telah dirilis sekuel dari buku dan film Laskar Pelangi yaitu Sang Pemimpi. Kesuksesan dari Laskar Pelangi tidak lepas dari berbagai macam pihak. Seperti penulis, produser, sutradara ,para kru, dan semua pihak yang telah membantu sehingga film tersebut dapat tayang dan dapat diterima oleh masyarakat. Tetapi, dari itu semua, hal yang paling penting dalam penayangan sebuah film ialah para pemain, yaitu para aktor dan aktris yang bermain dan memerankan karakter pada film tersebut. Khusus film Laskar Pelangi, para pemain dipilih tidak sembarangan. Melainkan harus melalui jalan audisi yang sangat ketat, sehingga yang memerankan tokoh tersebut benar-benar sama dengan apa yang orang bayangkan persis seperti yang ada di buku. Laskar Pelangi sendiri mencari pemain kurang lebih satu tahun. Dan terkhusus para anggota Laskar Pelangi, tim mencari anak-anak yang memang asli berada dan bertempat tinggal di Belitong, Sumatera.




Berikut adalah Profil pemeran-pemeran anggota Laskar Pelangi :



I K A L

Pemeran Ikal itu bernama asli Zulfanny. Ia masih duduk di kelas 3 SMPN TanjungPandan ketika mengikuti casting. Penyuka mincing ini adalah anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Iskandar dan Suheni. Ayahnya bekerja sebagai penjual jam tangan di pasat TanjungPandan. Kalau sudah besar, ia bercita-cita menjadi seorang dokter. Dibandingkan pemeran laskar pelangi lainnya, Ikal terlihat paling bersih, kerempeng, dan imut. Hal yang paling khas darinya adalah sepasang matanya yang berwarna cokelat bening.


MAHAR

Pemeran Mahar, Verrys Yamarno adalah anak bungsu dari dua bersaudara putra pasangan M. Yamin dan Normala. Verrys lahir pada tanggal 17 Maret 1996 dan saat ini duduk di kelas 9 SMP Nasional Gantong. Peran Mahar didapatnya setelah melalui tiga kali casting. Setelah diberitahu jika lolos, ia giat berlatih menari dan bernyanyi di rumah Moyo di TanjungPandan.
Dalam kesehariannya, Mahar memang menyukai kesenian. Ia suka bermain gitar, gendang, serta bernyanyi dan menari. Mahar terbilang bocah paling lincah dan berani di antara anggota Laskar Pelangi. Keberadaannya selalu terdeteksi karena ia suka melepaskan tawa yang khas. Kahadirannya meramaikan suasana.ia sangat senang sekali mendengarkan MP3 dari handphonennya ketika sedang break syuting. Tapi siapa sangka pada malam hari ia adalah seorang penakut.

LINTANG

Tokoh Lintang, diperankan oleh Ferdian, Siswa SMP Negeri 1 Gantong. Lintang berusia 12 tahun ketika syuting, tetapi ia lupa tanggal ulang tahunnya. Soalnya, ulang tahunnya tidak pernah dirayakan. “enggak wajib,” katanya. Diantara anggota Laskar Pelangi, Lintang termasuk sosok pendiam dan tidak banyak omong. Hanya sesekali saja ia berkomentar. Wajahnya tegas dengan rahang yang kokoh. Terkadang ia berbicara lewat sorot matanya yang tajam.
Lintang sangat senang bisa bermain dalam film Laskar Pelangi. “nambah wawasan, dan nambah teman,” katanya. Memerankan tokoh secerdas Einstein merupakan tantangan baginya. Adegan yang paling susah di film menurutnya yaitu adegan simulasi cerdas cermat. Maklum, ia harus menghafal dialog panjang yang diucapkan dengan cepat.

TRAPANI


Dalam laskar pelangi, Andrea Hirata menggambarkan Trapani sebagai lelaki tampan yang sangat disayangi ibunya. Penampilannya selalu rapi. Ia memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap ibunya. Hidupnya berakhir di zaal Batu, sebuah rumah sakit jiwa di Sungai Liat, karena menderita mother complex yang kronis.
Suharyadi Syah Ramadan, pemeran Trapani adalah siswa SMP negeri 3 TanjungPandan. Lalaki kelahiran 28 Februari 1995 mendapatkan peran itu setelah tiga kali casting. Trapani adalah putra pasangan Karyawadi dan Suharni Lasmita. Ia senang karena ayahhnya, yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek, juga mendapat pean sebagai Pak Widi, kurir dan pengantar surat di film itu. Adik Trapani, Gilang Syah Ahmada, 8 tahun juga terpilih memerankan Trapani kecil dalam film laskar pelangi.

KUCAI


Tokoh Kucai diperankan oleh Yogi Nugraha, kelahiran Belitong, 6 Juli, 1994. Siswa SMP Yaperbel TanjungPandan itu ditemukan ketika sedang memarkir sepeda motor di stadion TanjungPandan. Sepulang sekolah, setiap hari ia biaa bekerja sebagai tukang parkir di halaman stadion sejak pukul tiga sore sampai Maghrib.
Sorot matanya tajam, berhias bulu mata lentik. Tubuhnya tubuh kurusnya berkulit gelap. Dalam novel Laskar Pelangi, kucai adalah ketua kelas yang tak pernah lengser. Karena kurang gizi, ia menderita penyakit rabun jauh dan penglihatannya melenceng 20 derajat.

BOREK

Inilah satu-satunya anggota Laskar Pelangi yang berotot. Tubuhnya tinggi. Otot bisepnya menonjol. Kalu bicara, suaranya terdengar tanggung, khas anak lelaki yang memesuki remaja. Dalam film Laskar Pelangi, Borek mendapat julukan Samson karena kuat dan berotot.
Febriansyah, pemeran Borek, termasuk anak pendiam. Kalau sedang sendiri, ia paling suka menulis puisi. Borek adalah anak ke delapan dari Sembilan bersaudara. Ayahnya, Hermansyah, 51 tahun, tercatat sebagai Kesbang Linmas Pemda TanjungPandan. Kelak, siswa SMP Negeri 2 TanjungPandan yang menyukai pelajaran computer itu, ingin menjadi guru atau dokter bila besar.

A K I O N G


Di antara sesama pemain Laskar Pelangi, Suhendri alias A Hen, pemeran A Kiong, adalah anggota termuda. Siswa SD Negeri 44 TanjungPandan itu baru berusia 11 tahun pada saat itu. Jadwal syuting hamper saja di ubah karena A Kiong tiba-tiba jatuh skit menjelamg syuting pertamanya. Ia mengaku pusing dan muntah-muntah di base camp Laskar Pelangi. Tetapi, setelah di rawat beberapa hari, akhirnya keadaannya berangsur-angsur membaik.
Di laskar pelangi, A Kiong merupakan sosok yang pendiam namun taak banyak bicara. Ia merupakan anak dari seorang keturunan China. Ia merupakan orang yang sangat berjasa atas pertemuan Ikal dan A Ling. Ialah Mak Comblang dari Ikal dan A Ling, yang pertama kali bertemu pada saat Ikal sedang membeli kapur di toko.



S Y A H D A N


Penampilannya bersih dan selalu tersenyum. Dalam laskar pelangi, Syahdan memang dikisahkan selau ceria. Anak nelayan itu menjadi anak bawang dalam laskar pelangi. Ia hanya mendapat peran-peran kecil dari laskar pelangi. Muhammad Syukur Ramadhan, siswa SMP PGRI TanjungPandan, mendapat peran untuk memainkan tokoh Syahdan. Selama syuting, seringkali Syahdan ditunggui kakeknya, M. Mahdar Abdul Razak. Sejak kecil ia tinggal bersama kakeknya karena kedua orang tuanya berpisah.
Dari seluruh adegan film laskar pelangi, Syahdan paling suka adegan ketika cerdas cermat Karena dialognya pendek, katanya. Sementara, adegan yang paling sulit menurut dia adalah ketika main perosotan, bukan karena dialognya, tapi praktiknya, Katanya.





S A H A R A


Sahara adalah satu-satunya perempuan yang mendaftar ke SD Muhammadiyah. Novel laskar pelangi menggambarkannya sebagai bocah perempuan yang keras kepala dan berpendirian kuat. Ia juga sangat taat beragama. Sebenarnya, Sahara yang ramah dan pandai itu baik kepada setiap orang. Namun, ia sering marah-marah kepada A Kiong. Bahkan, ia sudah membasahi A Kiong dengan air botolnya di hari pertama sekolah.
Tokoh Sahara diperankan oleh Dewi Ratih Ayu Safitri, siswi SMP Negeri 2 TanjungPandan. Perawakan gadis cilik kelahiran 7 Maret 1995 itu tinggi semampai. Rambutnya lurus hitam lebat sepanjang punggung. Sahara berkulit gelap dan bermata bulat. Suaranya lemah lembut. Sebagaimana perannya, ia juga sering terdengar menggurui kalau sedang digoda oleh teman-temannya.


H A R U N

Tubuhnya paling besar dibandingkan anggota Laskar Pelangi yang lain. Ia tak bisa berlari cepat. Kakinya besar sebelah, seperti terlalu pendek untuk menyangga besar tubuhnya. Kedua telapak kakinya tidak lurus ke depan sehingga terlihat aneh ketika bejalan. Bocah lelaki itu tak banyak berceloteh seperti yang lain. Ia hanya bicara sepotong-sepotong. Itu pun tak terlalu jelas. Ia suka sekali memain-mainkan dagunya sehingga membuat anggota laskar pelangi terbahak-bahak.
Anak lelaki yang memerankan Harun itu bernama Yepri Yanuar. Murid Kelas 4 Sekolah Luar Biasa TanjunPandang itu beusia 14 tahun ketika casting. Ia mengetahui huruf abjad dan bisa didikte menulis. Namun, ia harus dibimbing orang tuanya untuk membaca skenario. Dalam film laskar pelangi, Harun diberi dialog-dialog pendek yang hanya terdiri dari satu-dua kata.

F L O

Flo adalah tokoh terakhir yang masuk menjadi anggota laskar pelangi. Penampilannya tomboy. Wataknya digambarkan keras kepala dan tak mau didebat. Anak pejabat PN Timah yang selalu bikin heboh itu sangat dekat dengan Mahar. Pada saat pertama kali pindah dari SD PN ke SD Muhammadiyah, ia membuat kekacaun karena mengambil alih bangku Trapani agar dapat duduk di sebelah Mahar. Akibatnya, Trapani harus tergeser dari kursi itu.
Kesan tomboy sebenarnya jauh dari sosok Marchella El Jolla Kondo yang memerankan tokoh Flo. Rambut hitam lurusnya masih melampaui bahu sebelum syuting. Ia sempat menolak dipotong pendek karena potongan rambutnya tak pernah pendek sejak kecil. Jadi, panjang rambutnya disisakan sejajar dengan dagu. Flo bersekolah di SD Negeri TanjungPandan. Ia sering menjuarai lomba paduan suara dan alat musik tradisional. Flo bercita-cita menjadi seorang penyanyi kelak.

..amirah fitriyah.. 
..X.2..
)
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.32 seconds

Pointmu

0 points
0 points
 

Login

Yang Online

Statistik Forum

  • Total Users: 4945
  • Latest Member: rosees
  • Total Posts: 349k
  • Total Topics: 65.6k
  • Total Sections: 89
  • Total Categories: 6
  • Today Open: 4
  • Yesterday Open: 31
  • Today Answer: 0
  • Yesterday Answer: 0

Aktifitas Point